Kamis, 16 Maret 2017

Aliran rasa "melatih kemandirian"

Pokok utama yg dilatih pada zubair adalah makan sendiri dan toilet training.. Sedangkan 6 skill lain sbagai pelengkap proses kemandiriannya,,buang sampah tanpa diminta, tiba2 ambil tisu bersihkan tangan dan mulutnya, maksa pingin gosok gigi sendiri, manis asam asin.. Ramai rasanya.. Itulah ungkapan hati ini.. Berbagai rasa bercampur baur,, rasa bahagia,, senang tak terkira.. Melihatnya selalu mau makan sendiri sampai habis atau bisa peep n poop d toilet,, tak sabar ingin cerita ke suami proses yang dilalui dar hari ke hari, sudah lain lg rasanya klo makanan di piring di acak acak,, peep n poop kedodoran hingga tenaga terkuras karna beberapa kali kerok mentatur,,  Lumayan juga membersihkan yg kotor2  klo sering.. 😅😅Rasanya kerepotan,  Apalagi ada khadeejah yg butuh perhatian dr umi juga..

Alhamdulillah.. Nikmatnyaaaa proses ini..
Melatih mandiri memang bukan hal yang mudah, orang tua kebanyakan bersifat tidak tegas,, saat berhadapan dgn anak. Menuntut anak untuk mandiri tp tidak membiarkan anak untuk mencoba,, tidak sabar ingin mengambil alih pekerjaan,,
"sini, sama umi saja,,, makannya lama sekali.. "
"sini kulit jeruk nya abi aja yg bukain"
"sini,, umi aja yg mengancingkan baju nya"
"sepatunya biar abi yang pakaikan"
Hingga si anak tidak dibiasakan untuk berproses..

Sudah 2 minggu ini zubair blajar toilet training,, no pospak di siang hari.. Klo malam umi belum siap karna tidurnya motah bgt.. Suami bilang... "ingin anak mandiri???  Harus mau ambi resiko"
Masih perlu belajar konsisten😅😅😅

Semangat selalu.. 💪💪💪

Tidak ada komentar:

Posting Komentar