Rabu, 15 Februari 2017

Berempati pada anak

Ada yang menarik di hari ini, hal yang biasa.. Jika abinya pergi kerja zubair selalu ikut naik mobil sampai beberapa meter dari rumah,, kemudian saya jemput dan langsung jalan jalan pagi keliling lingkungan rumah,,  Lain dari hari biasanya..  Zubair kali ini g mau turun dari mobil,  Sedang abi nya sudah harus cepat berangkat terburu buru,,  Dibujuklah zubair untuk turun dan akhirnya mau turun.. Dijelaskan kalau abi sudah telat ke tempat kerja,, sambil di gendong maulah doi turun,,  Entah karena mood nya sedang jelek..  Seusai turun dari mobil dan abi nya sudah berangkat,,  ZUbair mulai rewel. Tidak mau pulang, Tidak mau ditanya tetangga,, mulai menangis duduk ditanah,  Ditanyai tetangga makin kencang suaranya,  Saya mencoba untuk tenang dan bertanya dengan intonasi yang selembut2 nya.. “ zubair sedih?  Masih ingin sama abi? “ saya berempati “pasti sedih ya.. Ditinggal abi kerja?  Nanti sore kita ketemu abi lg“ masih menangis,  zubair bangun dari tanah dan terus jalan ke arah mobil  abinya pergi.. “Ok zubair masih mau nangis,,?  Kita nangis dirumah yu,,  Klo disini banyak yang liatin,, “ maulah dia digendong sampe rumah,, setelah dirumah, menangis kembali dan ingin keluar rumah,, mmh.. Sepertinya.. Doi ngantuk.Saya bawalah dia ke kamar,,  “Ngantuk ya??  Kita tidur yu?” Dia mulai berhenti menangis.. Kita baca doa.. Saya yang baca dan dia yang meng amini.. Mmh..dugaan saya benar.. Ternyata zubair mengantuk.. Hoho.. Terus saya tanya.. “Zubair tadi kenapa nangis diluar?  Mau ke abi?”  Terus dijawab dengan bergumam sambil tunjuk2.. Subhanallah.. Semangat terus belajar komunikasi produktif..  Banyak kalimat yg harus saya tahan.. Dengan tidak mengabaikan perasaan nya,, tidak memaksa pulang, tidak membandingkannya dgn anak lain yg tidak menangis, fokus pada solusi, mengendalikan suara saya.  Sbg seorang ibu..  Sudah sepantasnya kita bisa mengerti apa keinginan anak.. Apalagi dgn kosakatanya yg minim. Harus belajar juga nih melatih emosi anak.. Terutama melatih emosi saya emak nya.  Bismillah selalu..

#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar