Rabu, 15 Februari 2017

GALAU DI TANTRUM PERDANA

Seperti biasa kegiatan pagi masih dimulai dengan mengerjakan pekerjaan domestik dan memandikan anak,,  Obrolan dimulai saat memakaikan baju pada zubair,,  Kegiatan hari ini bla.. Blaa.. Blaa..

Setelah jalan2 keluar rumah,  Kami mulai berlatih motorik kasar..  ( belajar melompat dan berdiri pada satu kaki,,  ) Zubair sangat antusias dan senang dibantu umi sambil bercanda tertawa tawa…

Gaya komunikasi yang saya rubah hari ini..  Membiasakan untuk mengatakan apa yang di inginkan,  Bukan yang tidak diinginkan dengan melakukan Pemilihan kata yang benar dan positif.

Sudah beberapa hari ini ada kelakuan zubair yang bikin umi greget,,  Karna doi sedang batuk,,  Umi selalu mengingatkan dan meminta zubair supaya banyak minum..  Kali ini minuman nya tidak diminum,  Tapi dimainkan di mulut nya,, dikeluarkan hingga basahlah bajunya, jadi zubair ganti baju beberapa kali,  Semula “ jangan dimainin air minum nya!! “,  Kali ini saya rubah “air nya untuk diminum nak,, umi ingin zubair minum airnya, bukan dimainkan”!

Begitu pula saat hari ini membereskan mainan..  “umi ingin zubair bereskan mainan ini dlu,,baru main yang lain,,   Yuk umi bantuu.. “!

Obrolan santai dimulai setelah bacakan buku menjelang tidur siang nya..  Sounding tentang keberangkatan kita hari ahad nanti ke Tanikota yg sudah disetujui ayahnya.  Diceritakanlah suasana disana, tujuan nya,  Dan aturan nya,,  Sampai  menyepakati dengan angkat jempol dan tos dengan umi,,  Begitulah..  Sounding Diulang ulang sambil memperlihatkan foto2 nya,,  Gambaran yang akan terjadi disana..  Memetik sayuran,  Menangkap ikan dan bermain air.

Setelah isya saya dan suami pun ngobrol santai..karena anak2 sudah terlelap.  Yaaa..  Serius tapi santai,,  Bicara mengenai hari ini ,,  Apa saja yang dilakukan kami hari ini?  Zubair main dan belajar apa?  perubahan komunikasi apa yang bisa di rubah dan dibiasakan mulai hari ini? ,,,  Apa rencana yang akan dilakukan besok?   Dan obrolan santai lain yang bikin ngakak dan menguap hingga ketiduran.. Hehe..

Entah kenapa.. Saat kami terlelap tidur,  Zubair bangun dan menangis menjerit jerit,, mebangunkan kami dan terus menangis,,  Tidak jelas apa pintanya karna kosakatanya baru sedikit..  Hanya menangis hingga 1 jam lamanya.  ditanya apa mau makan?  Mau susu?  Mau digendong? Tidak ada jawaban dan gerak tubuh untuk menjawab.  Hanya menangis yang makin keras,,  Mm.. Apakah ini tantrum??  Saya berusaha tenang..  Bertanya apa maunya,,dan memberikan waktu untuk dia menyelesaikan tangisan nya,,  Saya dekati dia,,  Kemudian didoakan,,  Akhirnya tidur kembali.  Jam 00. 30 zubair bangun dan menangis kembali,, meminta dibuatkan susu dengan terus menangis.. Sesekali minta dipeluk saya,  Tetapi berontak kembali.. saya berusaha flashback..kejadian apa siang hari tadi yg membuatnya tidak nyaman..?????  

Dan Akhirnya… zubair bisa tidur lelap saat ayahnya mematikan  semua lampu.  ALhamdulillah.. Saat kaka zubair menangis sangat kencang, Adik khadeejah masih terlelap tidur dan tidak terganggu..  Subhanallah..  Tantangan untuk saya bisa bersabar di tantrum perdana nya…  💪

#hari2
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar