Rabu, 15 Februari 2017

Tantangan 10 hari "KOMUNIKASI PRODUKTIF"

Alhamdulillah,,,  naik kelas ke kelas bunda sayang dan mulai mencari ilmu kembali.. 😍

Materi pertama di bulan ini,,  judulnya KOMUNIKASI PRODUKTIF,  saat baca materinya..  Rasanya jlebbb sekali.., rasanya banyak sekali kekurangan, cobaan dan gangguan saat mempraktekan komunikasi produktif sehari- hari baik dgn diri sendiri,  Pasangan ataupun dengan anak,,  Meskipun sudah saya ungkapkan saat matrikulasi bahwa komunikasi produktif itu ada di urutan pertama dalam keluarga.  Dan ini bukan lagi menjadi MASALAH,,,  tp ini adalah TANTANGAN untuk saya.  bismillah,,  Mulai merubah gaya  komunikasi dan berusaha menjaga kekonsistenan..

Pagi ini sehabis mandi junub setelah nifas -+ 40 hari.  Memulai kembali aktifitas yang terbengkalai dan tertunda setelah melahirkan.  Memulai aktifitas pagi dengan mengerjakan aktifitas domestik dan memandikan anak.  Momen komunikasi pada anak terletak saat setelah memandikan.

Bonding diciptakan pada bayi khadeejah (1m) saat pijat setelah mandi dengan  Diajak bicara atau dinyanyikan lagu atau membacakan murotal alquran, atau ketika adik khadeejah bangun,,  Doi sangat suka diajak ngobrol dan Sebisa mungkin tidak pegang gadget saat menyusui,  Tetapi diajak bicara,, sounding doa terbaik atau hypnoparenting.  Tidak banyak yang dilakukan karna bayi 1 bulan kegiatannya habis untuk tidur hehe..

AA zubair (18m)  Setelah bangun tidur diminta baca doa ( dibiasakan baca doa tiap kegiatan),  ambil handuk sendiri dan masuk kamar mandi,  Setelah mandi obrolan pun di mulai.. awalnya memilih baju yang ingin dia pakai,  Kemudian aktivitas yang akan dilakukan hari ini,,  jadwalnya sudah saya yang buat Tinggal mengerjakan saja,,  Walaupun kadang apa yang dijadwalkan tidak sesuai rencana. Komunikasi dengan zubair juga terjadi sebelum tidur siang dan sebelum tidur malam,,  DIsusupi lah doa2 terbaik untuknya,  Sounding tentang akhlak yang mesti jadi kebiasaan, diajak ngobrol tentang harinya,  Berusaha untuk empati apa yang dia rasakan hari ini.  Meskipun kata2 nya masih minim,  bicara belum jelas.. Tp insyaallah dia mengerti dan menyimak apa yang dibicarakan.  

Di ceritakanlah aktifitas pagi ini,,  Sarapan, jalan jalan keluar rumah,  Main d rumah nenek bersama tentenya,  Belajar doa2 dan baca buku, tidur siang,  Nonton tv( syamil nadia),  Makan siang,  Main air, dan lain lain tentunya didampingi oleh saya umminya.. 😘

Kabiasaan yang saya rubah mulai hari ini   Tantangan untuk saya tentunya..

 “tidak memaksa zubair makan”  Rasanya kesal sekali kalau zubair tidak mau makan,,  Sampai saya memaksanya Dan itu membuatnya menangis dan berontak..  Huft gaya komunikasi yg tidak produktif,  Kali ini mulai belajar untuk sabar..  Memanaj kata2 yang keluar dari mulut ini dgn bicara kalimat tunggal. Tidak memaksa,,  Dan membiarkannya makan sendiri,  Beri makan jika mau saja, dengan garis bawah tetap diberikan makan pada waktunya.   Zubair tipe anak yang senang ngemil,,  Apa saja masuk ke mulutnya jd..  Biarlah semaunya dia yang penting ada yang masuk dan itu makanan sehat..

Berusaha mengerti apa yang zubair mau,  Karena kosakata nya yang masih minim, saat rewel,  Saat mau makan,  Saat  minta diambil kan sesuatu.. Intinya..  Saya harus sangat berempati pada perasaan nya.. Komunikasi produktif dengan nya.

Family forum malam ini

Setelah mendapatkan materi ini,,  Sepulang suami kerja tepatnya setelah makan malam,,  Kami membahas materi ini,, membahas apa yg menjadi kendala kami saat berkomunikasi dan saling curhat apa yg menjadi kekurangan kami selama kami menikah,,  Selama ini ada kesalahan dalam berkomunikasi,,  Banyak ego yang diutamakan,,  Informasi tidak sampai pada pasangan yg berarti byk sekali strategi yang harus dirubah agar informasi bisa sampai pada pasangan.  Dan akhirnya ada kesepakatan untuk kami mulai merubah pada yang lebih baik. Baik komunikasi dgn pasangan ataupun komunikasi dengan anak.  Bukan hanya 10 hari.Tp insya allah konsisten selamanya.. Amiin ya. Allah,,  SEmoga segalanya dimudahkan.

Membahas tentang nama hometeam kami,,  Apakah perlu dirubah?  Atau tetap dengan nama semula?  Dan kami memutuskan sudah cocok dengan nama hometeam semula,  Membahas filosopi dari nama tersebut dan visi misi kami. Kami mulai semangat kembali membangun a hometeam setelah kelahiran anak ke 3 kami.  Anggota baru semangat baru.

Eduwisata ke TANIKOTA acara kopdar dengan RB cimahi dan CBE cimahi, dan kami memutuskan untuk ikut.

Family forum diakhiri dengan makan mie kocok yang lewat depan rumah 😁

#hari1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar