Rabu, 22 Februari 2017

Mendukung Upaya Melatih Kemandirian Anak

Sebelum memulai tantangan melatih kemandirian saya dan suami harus bersepakat dahulu,, membicarakan strategi yang tepat agar kami konsisten terhadap latihan ini, karna suami pulang malam Kami memutuskan untuk ngobrol santai ba'da subuh,,  Sebelumnya saya buat list latihan kemandirian untuk usia zubair selama 1 bulan dan dibagi 4 minggu,,  One week one skill max.  4 skill,, kemudian saya setorkan ke suami..  Suami tinggal menambahkan dan meng acc, Idealnya,, menjadikan sesuatu yang baru menjadi kebiasaan membutuhkan waktu 2-6 bulan dengan konstan melakukan hal yang sama di waktu yang sama.   Waaahhh.. Harus mau bersabar dan repot 😊😊 semangat.. Semangat.. 💪💪
Kemudian kami menentukan standar pencapaian atas prestasi yang menjadi tolak ukur pemberian apresiasi, pemberian reward and punishmant yang sesuai untuk usianya yang hampir 19 bulan.  Kami memutuskan untuk memberi reward berupa koin yang dimasukan ke celengan ditambah pelukan,, 1 koin 1 skill dalam sehari,, dipasang juga papan mobil,,  Semacam papan bintang hanya bedanya diganti dgn gambar mobil,, doi suka sekali gambar / mainan mobil.. berhasil 1 skill di tempel 1 gambar mobil  Supaya lebih semangat😊😊😊 ,  Untuk punishmant kami memberikan konsekuensi,  Jika tidak mandi ya tidak makan,, jika tidak makan ya tidak ikut abi naik mobil,,  Sebenarnya kami juga masih bingung.. Apa konsekuensi ini masuk ke kategori mengancam???  Mmm.. Niat kami adalah membiasakan zubair untuk disiplin di pagi hari.

Dimulai dengan mendesain kamar sesuai dengan kemampuan jangkauan nya, menyimpan mainan, buku, tisu, celengan, alat makan di tempat yang mudah di jangkau,  Sehingga jika anak ingin melakukan sesuatu yaaa... Tinggal ambil sendiri,,  dan utarakan keinginan nya.  Kemudian membuat aturan bersama anak,,  Sounding anak bahwa mulai hari ini kita akan berlatih kemandirian (disebutkan skill nya) menjelaskan reward n punishmant nya.

melatih kemandirian anak sangat berkaitan dengan komunikasi produktif yang sedang kami jalankan,,  Meminta anak untuk mandiri melakukan segala sesuatu sendiri sesuai dengan umurnya perlu pendekatan emosional dan komunikasi yang baik,,,  Dimana saat anak tidak mau makan emaknya yang kebingungan,, hohoho.. Konsistensi pun dipertaruhkan.. Tadinya melatih anak makan sendiri..  Tergodalah emak nya untuk menyuapi dan mengiming imingi..  Makan diluar lah sambil jalan jalan atau alasan klise lainnya..

Sebenarnya melatih makan sendiri sudah kami lakukan sejak zubair menginjak usia 6 bulan istilahnya BLW itu loo.. Tp tidak berjalan karna saya pribadi tidak sanggup 😥 saat usia 1 tahun mulai makan sendiri,  Tapi beginilah.. "Tidak konsisten",  Merasa kasihan,  Ga mau makan, Gereget makanan nya g habis,  Rumah jadi berantakan,  Waktu terbuang dan bla.. Bla.. Blaa.. Proses latihan agar anak mandiri bukanlah hal yang mudah seperti membalikan telapak tangan,  Hal ini sangat melibatkan emosi,  Tenaga,  Waktu,  Fikiran,  dan kekonsistenan..
Bismillah.... Keseriusan kami dalam melatih kemandirian dimulai dari titik ini..

Di pagi hari ini, latihan zubair tidak menguras emosi dan fikiran, tidak sulit juga mengkomunikasikannya,  Zubair bangun tidur dengan ceria,,  Setelah umi beres dengan pekerjaan domestik zubair bangun jam 05. 00 saya langsung memintanya untuk mandi dan mengambil handuk nya sendiri (sambil di temani) setelah itu memilih baju yang akan dipakainya,,  Zubair pilih baju yg ada gambar mobilnya (selalu begitu)😂😂 pembiasaan yang selalu umi tanamkan bangun tidur kuterus mandi kuterus sarapan, baru boleh main bebas (biasanya ke rumah nenenya di sebelah) atau jalan2 ke luar rumah,, alhamdulillah pagi ini zubair sarapan dengan sayur kacang sendiri sampai habis... Yeeeaaay... 👍👍,,  Meskipun tersisa kacang kacang nya,, makan siang pun begitu, hanya makan malam yang umi rasa belum konsisten.. makan sendiri tapi disuapi sedikit2,  Hehe..
Saat akan main keluar zubair mulai memakai sendal sendiri,  Umi belikan sendal baru yang memudahkan nya untuk bisa dipakai sendiri.. Alhamdulillah..  Pilih sendiri motif sendalnya jadi doi bersemangat pakai sendal sendiri.. 👍😊 hari ini zubair dapat 4 koin💰💰💰💰 dan 4 tempelan gambar mobil🚗🚗🚗🚗

minggu ini umi lebih fokus untuk mengawali keterampilan mengurus diri. Kecuali toilet training... Rencananya minggu depan ajah... Hehe.. Semangat... 💪💪💪💪💋😍😘😊👍👦
Di minggu ini:
1. Ambil handuk sendiri
2. Memilih pakaian
3. Makan sendiri
4. Pakai sandal sendiri

#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar