Rabu, 15 Februari 2017

Bermain air yang tertunda

Kali ini yang saya tulis adalah masalah sepele yang sebenarnya tantangan besar yang harus saya perbaiki dan penghambat dalam berkomunikasi dengan anak. Mungkin sebagian besar dari kita sudah sering menggunakan 12 gaya populer (parenthogenic).  Tanpa kita sadari, 12 gaya komunikasi ini kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Ketika anak sedang atau tidak melakukan kesalahan, dan kita meresponnya dengan menggunakan salah satu dari 12 gaya populer ini, anak akan merasa tidak percaya dengan emosi atau perasaannya sendiri, bahkan bisa menghambat kreatifitasnya.  

Contohnya pagi ini,,  Saya mengajak zubair untuk mandi,  Dan sudah siapkan air hangat untuk mandinya :

U: kita mandi yu..!  (zubair meng iyakan dengan bahasa tubuhnya,,  Mau dibukakan bajunya)

U: mana ya handuk zubair..  Zubair bisa ambil sendiri kan?  (lgsg ke kamar menunjuk handuk miliknya)

U: ayoo.. Ayooo.. Kita k kamar mandi..(sambil lari lari kecil) Baca doa dlu yaa.. Masuk pake kaki kiri..

masuk k kamar mandi zubair langsung senang main air,, buang buang air ( mm.. Lg susah air nih)

U: waduh.. Air nya jgn dibuang buang,,  Zubair mau mandi pake air dingin aja?? ZOONK..    (mulai ngancem ni saya)

zubair geleng geleng sambil bergumam.. (maksudnya gak mau mandi pke air dingin)

Dalam hati.. “Weww.. Salah ngomong nii..  Gmn yaa cari kata ganti nya.. Belum telat lah…, Saya terdiam dlu, kemudian berfikir bagaimana mengubah kata ancaman itu dgn kata ajakan yg lembut tanpa bernada ancaman..tp saya masih bingung.. 😶     Hehehe

U: zubair anak sholeh umi,,, ini air hangatnya gda lg nak..!!  Yu mulai mandi..(lgsg ke pokoknya..Cukup pakai kalimat tunggal saja,,  )  Anak 18 bulan belum ngerti penjelasan yg panjang.. “ air hangatny gda lg, nanti harus masak dulu,  Lama lg deeh mandinya,, bla bla bla.. )

Hal sepele sebenarnya,  tp bisa berdampak tidak baik untuk kedepannya, Sebenarnya bermain air bisa melatih motorik kasar dan motorik halusnya,,kata ancaman yg tadi saya ucapkan malah bisa membuat si anak berfikir air dingin itu menyeramkan,,buat dia ketakutan dan yang pasti bisa menghambat eksplorasi nya.. Mungkin karna terlalu seringnya saya ngancem gitu.. Zubair jd takut masuk kolam renang ato kolam ikan.. Yaaa.. Salah saya.. 😥

Setelah beres mandi, kemudian pakai baju sambil ngobrol,

U: zubair mau pakai baju yg mana?  Saya beri 2 pilihan, (dipilihlah baju yg ada gambar mobil nya)

U: hari ini kita mau ngapain aja ya?  ( saya jawab sendiri,,  Kita baca buku sama main air di depan aja ya..? Maksudnya di halaman)

U: ok.. Deal ya..Cas dulu (tooosssssss)kami bertoss ria😉

Terpaksa saya mengganti lesson plan yang udah dibuat untuk hari ini karna kesalahan saya sendiri.. Hihihi.. 😂

Masih bingung dan agak kesulitan juga mengganti kata ancaman dengan kata ajakan yg mudah dimengerti oleh anak,bagaimana merangkai kata kata yang baik dan positiv.. PR banget buat saya,, ini niih.. Hal yang sulit jd hal yg menarik… ”tantangan banget, menghilangkan kebiasaan mengancam hehe.. “Maafin umi yaa.. Hari ini.. Zubair boleh main air sepuasnya.. Pake binatang2an”,,,

umi nya harus terus belajar.. Belajar komunikasi produktif dooong.. 😊

#hari9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar