Rabu, 15 Februari 2017

Menahan emosi jiwa

Setelah tantrum perdana zubair,,  Saat pagi harinya saya tanya..  Kenapa?  Zubair hanya senyum dan main seperti biasa..Seperti tidak terjadi apa apa apa.. 😁😁S  ,, waah.. Saya tertantang ni saya harus tau cara mengatasi anak tantrum.

Kegiatan hari ini bersama anak2,,  Bernyanyi bercanda,  Baca buku, sensory play dan Masih dgn Sounding tentang keberangkatan kami nanti ke tanikota yang terus saya ulang ulang..  

Tantangan hari ini saya harus benar2 menahan diri dalam berkomunikasi menghadapi pasangan,, pasalnya ada rasa kesal yang saya pendam dan ada pendapat yang belum saya terima bulat bulat…  Saya tipe org yang selalu bicarakan apa yang saya rasa tidak nyaman pada pasangan., tp saat saya merasa jengkel.. Kadang saya lagsung meledak,  Negative thingking  dan bicara apa keinginan saya,, ( cerewet nya mulai kambuh)😁   . , mungkin ini juga pernah dialami para istri .. Hehe… kali ini saya belajar menahan ledakan😁😁     Dan Mencoba memilah kata,  Dari pada ngomel..  Saya rasa lebih baik diam, supaya tidak mengganjal di hati, saya ungkapkan kalau sudah tenang.. (tahan..  tahan.. tahan.. sampai waktu yang cocok untuk bicara) yaah..”Choose the right time”  

Komunikasi antara 2 orang dewasa berpijak pada nalarnya,  Bila emosi sedang naik.. Yaa tenangkan saja dulu supaya nalar bisa berfungsi kembali

Karena saat emosi sudah ada di atas puncaknya.. Sesungguhnya “tidak ada komunikasi disana”  Bisa jadi sama sama mengomel,  tidak mau kalah,  Bisa juga saling diam.  Bahasa sundanya mah..  Pabaed baeud tea…. 😝

Tantangan sekali… dan ini gue banget..

setelah diungkapkan rasanya tenang sekali, sama-sama saya dan pasangan tidak ada beban fikiran,,  Tidak Memendam kekesalan,,dan romantis seperti semula.. Hehe😘   .    pastilah harus dengan metode yg benar dalam mengkomunikasikan nya.. Semangat mempraktekan kaidah-kaidah yang sudah di pelajari.. 💪💪

Bersama sama dengan pasangan belajar berkomunikasi untuk membentuk FoE/ FoR aku + FoE/FoR kamu = FoE/FoR kita..  

#hari3
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar