Rabu, 15 Februari 2017

Komunikasi pada diri sendiri

Tantangan yang paling menantang  Adalah mengubah pola komunikasi diri sendiri karena saya pribadi merasa komunikasi yang saya pakai selama ini kurang produktif,,  Baik berkomunikasi dengan suami,  Anak,  Orang tua,  Dan saudara..  Sedikitnya memang bisa di rubah dengan keinginan saya untuk mencari tau ttg ilmu parenting.  Ditambah dengan kuliah bunsay yang luar biasa ini,  Makin besarlah tantangan saya untuk bisa mengubah dan konsisten untuk berubah,,

Hari ini saya bepergian sampai menjelang sore hari bersama suami dan anak saya, biasa.. Rumah saya kunci dan kuncinya saya simpan ditempat biasa kami simpan,,karna adik saya ada didalam rumah tepatnya di kamarnya,  Kalau kalau nanti dia mau keluar( rumah saya bersebelahan dengan rumah orang tua dan ada akses jln tembus) saat itu saya lupa untuk bilang klo saya akan pergi sampai sore.

Sore hari kami sampai rumah,,  Saya cari kunci.. Ko tidak di tempatnya..  Saya buka pintu ternyata kunci menggantung dipintu tanpa ada siapapun di rumah.. Motor adik saya tidak ada.. Apa dia keluar?  Saya tanya ibu saya,,  Katanya keluar dari pagi,,naiklah emosi saya..  Meledaklah seledak ledaknya. Inginya ngomel ngomel..dalam hati saya.. :”klau ada maling gmn?  gmn kalau ada yg hilang,, habislah barang barang saya..  G telaten sekali” dan omelan panjang menghiasi bibir,

Saya ingat materi komunikasi produktif dgn diri sendiri,  Ketika kita berfikir positif maka kata2 yang keluar adalah kata positif dan begitu sebaliknya.  Maka…  saya redakan dulu amarah saya..Coba saya dinginkan,,  Saya ingat,  saya tidak bicara klau akan pergi sampai sore pada adik saya.  Berarti saya juga salah.

Saya ambil hp dan watsap adik,,  Saya coba memilih kata terbaik,, kendalikan emosi.. Katakan apa yang kit inginkan, fokus kedepan bkn masa lalu, fokus pada sokusi bukan masalah..

Saya: adik dmn?

Adik: di kampus

Saya, masih lama pulangnya?

ADik: nanti malam

Saya, td rumah g dikunci lagi ya? Tth pergi lo sampe sore.

Adik: oh iya,, dikirain tth ada drumah,

Saya: nanti mah dikunci lg ya klo mau pergi..  Hariwang,, kan ini pintuny rusak,, suka ngebuka sendiri, harus diperhatiin keamanan d rumah.

Adik: alah.. Iya…  Gmn atu??

Saya: nanti mah kdepannya klo adik g liat tth d rumah, kunci aja pintunya,, kuncinya simpen lg di tempat biasa.

Adik : ok teh..

Saya: minta maaf atuu😒

Adik: maaf y kakak!! 😑

Saya.. Ya di maafin😉

Adik: mantap 👌

Seperti itulah.. Jika komunikasi pada diri sendiri bisa dilakukan dengan Mengubah kebiasaan komunikasi tidak produktif, bukan hanya berlaku pada pasangan dan anak saja, tapi komunikasi dengan keluarga,  Orangtua, oranglain pun terkena imbas positifnya.

#hari6
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar