Rabu, 15 Februari 2017

Gantilah kalimat nasehat..

Setelah semua kerjaan domestik beres,,  Bada solat subuh saya dan zubair jalan jalan keliling rumah,,  Kebetulan abinya yang pegang adik khadeejah karena adik masih tidur..  Awalnya sih hanya ke warung untuk beli gas.. Tp zubair tidak mau masuk kerumah..  Baiklah.. Kami jalan jalan jam 5 pagi.. Sambil olah raga..

Kami jalan jalan cukup jauh,,  Lumayan cape sih untuk seusia zubair,, saya cuma ngikutin dari belakang arah jalan yang dia mau.. Sebentar sebentar jongkok,, karna kecapean. Sudah beberapa kali zubair terjatuh di jalan.. Karena tidak memperhatikan jalan..

U: tadi kan umi bilang.. Jalannya pelan pelan.. Sekarang zubair harus lebih hati hati ya..Cari jalan yang bagus..

Karena jalan memang kurang mulus,,  Zubair terjatuh lagi.. Dan menangis..

U: haduuh.. INnalilahi.. Makanya.. ZUbair harus hati hati.. Kan tadi umi udah bilang.. (ZOOONK lagi deh… )hihihi..

Knp yaa.. Ni mulut.. Udah kebiasaan suka menasehati Tanpa memperhatikan perasaan nya.. Seharusnya kalimat nasihat saya ganti dengan merepleksikannya sesuai pengalaman. 12 gaya komunikasi populer udah saya gunakan lagi.. Saya fikir belum terlambat lagi lah… saya harus langsung memperbaiki.. Tentu tidak lgsg menceritakan pengalaman kita saat terjatuh.. Apalagi anak 18 bulan tentunya belum mengerti dengan cerita pengalaman kita orang tuanya yg pernah terjatuh juga..Curhat yg tidak didengar laah… hehe

Saya hanya bilang:

U: zubair nangis pasti sakit pisan ya??  (saya berempati,) mana yang sakit? (zubair tunjuk kaki dan tangannya) sini umi doain ya.. (selesai doa zubair lgsg senyum) waah.. Udah sembuh ya…??  Alhamdulillah.. 😂😘

U: ok,, zubair cari jalan yang bagus ya.. Hati hati jalannya,,  Umi sedih klo zubair jatuh,, (zubair lgsg menangis pura pura menirukan gaya menangis umi) hehe,,, 😂

Ayo kita pulang..!!  Alhamdulillah sampe rumah dengan selamat…

Swmangat terus belajar!!!

#hari10
#Tantangan10hari
#Komunikasiproduktif
#Kuliahbunsayiip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar